Branding Bagi Usaha Kuliner Rumahan

Branding Bagi Usaha Kuliner Rumahan

Meski usaha anda masih berskala kecil atau rumahan, namun anda tetap harus melakukan branding. Pengenalan produk sangat penting dilakukan, apalagi jika produk anda tergolong masih baru.

Anda dapat melakukan pengenalan produk melalui beberapa cara sebagai berikut:

  1. Mengikuti pameran makanan.
    Biasanya disetiap kota sering diadakan pameran makanan berskala nasional. Banyak produsen, pengusaha kuliner mengambil kesempatan untuk lebih mengenalkan produk mereka kepada khalayak umum. Dengan rajin mengikuti berbagai pameran makanan, maka peluang untuk membuat produk anda semakin dikenal terbuka lebar.
  2. Ikut dalam kegiatan sosial.
    Anda boleh meminjam istilah para pedagang, dimana ada keramaian, disitu ada peluang. Termasuk kegiatan sosial. Lakukan semampu anda, tanpa harus ada paksaan harus mencapai target tertentu. Kebaikan yang anda tebar, akan kembali kepada pemiliknya.
  3. Manfaatkan internet.
    Melalui aplikasi DapurMami, anda sudah beberapa langkah di depan. Promosi di dunia maya sudah setengah jalan, karena tujuan DapurMami ingin membuka peluang kerja sama dengan para ibu rumah tangga untuk dapat membuka usaha dari rumah. Anda tinggal memaksimalkan promosi melalui media sosial. Media sosial bisa menjadi sarana untuk mengenalkan produk anda secara lebih luas.
  4. Mengikuti event besar.
    Jika kota anda akan diadakan perhelatan besar, tidak ada salahnya untuk mencari informasi tentang stand yang disewakan. Informasi seperti ini biasanya bisa didapatkan dari komunitas bisnis maupun pusat UKM.
  5. Brosur
    Sedikit terdengar agak kuno untuk dilakukan di era digital ini. Tapi brosur bisa menjadi peluang agar produk anda semakin dikenal masyarakat. Jika ingin efektif, anda harus membagikan brosur kepada segment pasar yang dituju. Misalkan anda membuka usaha kuliner khusus aqiqah, maka brosur yang efektif akan anda temui di rumah sakit atau klinik bersalin, salon dan spa khusus ibu Hamil dan bayi, maupun tempat senam Hamil. Pemilihan lokasi yang tepat akan membuka peluang baru bagi anda.

Usaha rumahan mempunyai peluang untuk menjadi industri besar. Dengan pengelolaan yang tepat dan pantang menyerah, maka bisnis yang baru anda pupuk ini akan berkembang pesat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *