Aneka Sop Tradisional Khas Daerah di Indonesia

Aneka Sop Tradisional Khas Daerah di Indonesia

Indonesia mempunyai banyak menu resep sop yang berbeda di tiap daerah. Hidangan berkuah dengan aneka isian ini menjadi favorit banyak orang. Anda bisa membuat sendiri sop khas dari berbagai daerah di Indonesia. Selera yang berbeda ditiap daerah bisa anda sesuaikan dengan lidah lokal.

Tujuan Dapur Mami ingin memperbaiki perekonomian masyarakat Indonesia, salah satunya dengan cara membuka peluang usaha yang terbuka bagi para ibu rumah tangga di Indonesia. Melalui aplikasi Dapur Mami para ibu yang ingin membuka usaha kuliner rumahan mendapat kemudahan dan ruang untuk memasarkan produknya secara online.
Salah satu resep sop tradisional Indonesia ini bisa anda coba untuk dipasarkan melalui aplikasi Dapur Mami.

  1. Sop kaki kambing.
    Biasanya sop kaki kambing dijajakan di warung tenda pada malam hari. Sop ini berisikan kaki kambing juga bermacam-macam jerohan kambing. Bagi penggemar olahan kambing, menu ini bisa menjadi alternatif selain sate kambing atau olahan sejenisnya. Bahan yang khas dari menu ini adalah kuahnya memakai susu full cream dan minyak samin, tentu saja aneka rempah tidak ketinggalan untuk membuat hidangan ini hangat, segar dan lezat.
  2. Sop Tunjang.
    Hidangan asal Pekan Baru ini memakai bahan utama kaki sapi, atau masyarakat lokal menyebut dengan nama tunjang. Kuah sop bening Segar dengan aneka rempah. Isian berupa potongan kaki sapi dengan daging tebal empuk yang masih melekat, dilengkapi dengan wortel, tomat dan kentang.
  3. Sop Kimlo.
    Sop khas Solo ini memberikan sensasi istimewa, karena memakai bunga sedap malam didalamnya. Meski berkuah bening namun sop ini menawarkan rasa gurih, lezat, dan kaya akan kuah kaldu ayam. Isian sop ini terdiri dari jamur kuping, soun, kembang tahu, sosis atau bakso, ditutup dengan suwiran ayam dan beberapa helai bunga sedap malam.
  4. Sop matahari.
    Masih dari Solo, sop ini populer disajikan untuk acara spesial seperti pernikahan. Tampilannya cantik membuat sop ini menjadi favorit. Sesuai namanya, sop ini berbentuk matahari yang terbuat dari telur dadar tipis dengan isian ayam, jagung, wortel, daging giling, dan jamur. Lalu telur beserta isiannya dilipat dan dikukus. Selanjutnya dipotong berbentuk matahari dan disajikan dengan kuah bening yang gurih.
  5. Sop Buntut.
    Masyarakat Indonesia sangat kreatif dalam mengolah bagian per bagian daging maupun jerohan. Seperti sop buntut, bahan utama yang digunakan adalah buntut atau ekor sapi. Ekor sapi dimasak hingga empuk, lalu disajikan dengan kuah kaldu sapi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *