Makanan Khas Indonesia Dengan Sambal Kacang

Makanan Khas Indonesia Dengan Sambal Kacang

Sambal kacang menjadi pelengkap berbagai macam makanan khas di Indonesia. Anda dapat mengkreasikan resep dengan sambal kacang ini untuk memulai usaha kuliner rumahan bersama Dapur Mami.
Ada beberapa jenis menu yang mirip, namun tidak sama persis.

  1. Lotek
    Memakai aneka sayuran yang direbus. Seperti bayam, kacang panjang, kecambah, mentimun, tomat, dan irisan kol mentah. Disajikan dengan kerupuk dan dilengkapi dengan ketupat maupun potongan bakwan.
  2. Pecel
    Sangat mirip dengan lotek, hanya saja pecel tidak memakai ketupat. Biasanya disajikan dengan rempeyek kacang. Pecel juga dihidangkan dengan aneka sayuran yang direbus. Salah satu sayuran khas yang terdapat dalam pecel adalah, kembang turi.
  3. Ketoprak
    Menu ini juga memakai sambal kacang, dengan sayuran yang tidak banyak macamnya. Isian ketoprak adalah, ketupat, bihun, kecambah yang diseduh air panas, potongan tahu goreng. Dilengkapi dengan kerupuk dan kecap manis.
  4. Gado-gado
    Isian gado-gado terdiri dari kentang rebus, telur rebus, potongan tahu dan Tempe goreng. Sayuran yang biasa digunakan adalah kacang panjang atau kecambah. Biasanya disajikan dengan emping.
  5. Karedok
    Karedok juga memakai sambal kacang. Hanya saja memakai sayuran mentah. Isian karedok adalah, kecambah, mentimun, kol, kacang panjang dan kemangi. Semua dipotong tipis dan tanpa direbus.
  6. Sate ayam
    Bukan hanya menu berbahan sayuran yang memakai sambal kacang. Sate ayam juga disajikan dengan siraman sambal kacang. Dilengkapi dengan kecap manis dan sambal cabe rebus.
  7. Batagor dan siomay
    Kedua kuliner ini seperti saudara kembar. Jika Ada batagor, hampir dipastikan Ada siomay. Keduanya memakai sambal kacang, kecap manis dan jeruk limau sebagai pelengkap.
  8. Rujak cingur
    Menu khas Jawa Timur ini juga memakai sambal kacang. Isian rujak cingur adalah, cingur atau moncong sapi, dengan sayuran seperti kangkung rebus, kecambah, potongan tahu goreng, ketupat, dan irisan mentimun. Selain itu rujak cingur juga memakai banyak isian, diantaranya bengkuang, nanas dan mangga mengkal. Sambal kacang dalam hidangan ditambahkan petis hingga warnanya lebih pekat.

Begitu banyak kreasi resep dengan sambal kacang yang bisa anda kembangkan menjadi usaha rumahan. Seperti tujuan Dapur Mami, ingin menjadi teman terbaik mami dalam berkarya dari rumah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *