Aneka Olahan Sayur Khas Daerah di Indonesia

Aneka Olahan Sayur Khas Daerah di Indonesia

Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai sayuran khas. Anda dapat menyajikan menu sayuran khas tersebut sebagai hidangan tradisional untuk usaha rumahan anda di Dapur Mami.
Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan, anda hampir dapat memasak semua jenis resep sayur dari berbagai daerah di Indonesia.

  1. Plecing Kangkung
    Menu plecing kangkung hampir mudah ditemui diperbagai restoran. Hidangan khas Lombok ini menyajikan kangkung yang direbus dengan sambal tomat terasi. Tekstur kangkung yang direbus masih renyah, jadi meninggalkan sensasi segar kres kres ketika disantap.
  2. Gudeg
    Hasil olahan bahan Nangka ini sangat populer. Bahkan gudeg kaleng sudah terkenal menjadi oleh-oleh khas Yogyakarta. Rasanya manis dan gurih. Cocok dipadukan dengan sambal krecek. Terdapat beberapa jenis gudeg, yaitu gudeg kering yang hampir tidak berkuah. Gudeg basah yang menyisakan sedikit kuah. Dan sekarang terdapat inovasi gudeg mercon, bagi anda pecinta makanan pedas.
  3. Pecel Pakis
    Jika biasanya pecel terdiri dari beberapa jenis sayuran yang direbus, maka pecel pakis khas Kudus ini hanya memakai daun pakis sebagai bahan bakunya. Daun pakis direbus sebentar, lalu disiram dengan sambal pecel.
  4. Jangan Lombok Ijo
    Dalam bahasa Jawa, Jangan berarti sayur. Sayur Lombok ijo khas Gunung Kidul ini biasanya disajikan dengan nasi merah. Sajian ini terdiri dari banyak cabai hijau, serta campuran tahu atau tempe dengan kuah santan yang gurih.
  5. Lodeh
    Hampir mirip dengan sayur Lombok ijo, lodeh juga terdiri dari kuah santan yang gurih agak pedas, dengan potongan cabe hijau dan merah. Campuran lodeh bisa disesuaikan dengan selera, bisa memakai terong, labu, Tempe, kacang panjang, kulit melinjo dan daun so, atau daun melinjo. Bisa juga ditambahkan dengan petai.
  6. Acar Kuning
    Sayuran yang bercita rasa segar ini terdiri dari mentimun, wortel dan buncis serta bawang merah yang dibiarkan utuh. Dengan sedikit kuah kuning bersantan dan cuka yang segar. Mudah Cara membuat nya, anda dapat menyajikan ini sebagai pelengkap hidangan lauk lainnya.
  7. Sayur asem
    Sayuran bercita rasa asam segar ini khas Betawi. Meski beberapa daerah mempunyai tipe sayur asem sendiri. Bahan yang digunakan adalah aneka sayuran, seperti terong, daun melinjo, melinjo, jagung, labu, kacang tanah. Disajikan tanpa santan dan irisan cabai hijau dan merah.
  8. Trancam
    Sejenis urap, tetapi menggunakan aneka sayuran mentah. Seperti kacang panjang, tauge, dan mentimun, disajikan dengan bumbu kelapa parut. Aroma kencur sangat terasa hingga hidangan khas Jawa Tengah ini menjadi segar untuk disantap bersama lauk lainnya.
  9. Bobor Kelor
    Menu khas Bantul ini sangat segar dengan kuah santan encer. Memakai kencur yang dominan untuk bumbunya, ini yang membedakan sayur bobor Bantul dengan daerah lainnya.
  10. Sop Snerek
    Memakai kacang merah sebagai bahan utama, atau di Magelang dan sekitarnya disebut snerek. Sajian ini digemari bukan hanya oleh warga lokal. Rasanya Segar dan gurih, nikmat disajikan panas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *