Apa Hubungannya Makanan Sama Daleman?

Memilih makanan itu seperti milih daleman. Cocok-cocokan, dan harus jujur.

Saat memilih daleman, yang jadi kriteria pertama, nyaman. Warna jadi urutan kedua belas. Model urutan empat satu. Toh, gak kelihatan juga. Kecuali kita mau jalan-jalan pakai daleman doang.

Urusan makan juga begitu. Kata orang, pizza itu makanan mewah, berkelas. Tapi kalau lidah gak cocok atau perut jadi mules, buat apa? Kalau saya sih gak mau ya, tiba-tiba pingsan gegara makanan dan saat siuman si embak perawat di puskesmas bisik-bisik, “Perutnya gak kuat nerima makanan mewah.” Yakin, itu lebih menyakitkan ketimbang menerima undangan nikah mantan.

Di lidah orang lain, rasa pizza mungkin beda. Ada yang justru kejang lihat saya menyantap sambel belut, misalnya. “Ih, ular kok dimakan. Macam sudah gak ada makanan lain yang layak.” Waduh Mas, buat saya ini makanan paling beradab.

Nah, beda kan?

Jadi ya, urusan memilih makanan memang hak asasi setiap manusia. Sayang belum dimasukkan dalam Declaration of Human Rights. Tunggu saya jadi ketua PBB ya.

Sah-sah saja kok kita mencantumkan sambel pete sebagai makanan favorit dan bukan pizza. Atau, tidak ada dosa menuliskan burger dan bukan pecel. Ini gak ada hubungannya sama nasionalisme. Ini urusan perut, Bung.

Yang salah, saat Anda membuat standar yang harus diikuti semua orang. Pokoknya yang namanya kentucky haram, karena asalnya dari Amerika. Lah, tetangga saya si Slamet yang asli Wonogiri juga pinter bikin kentucky. 

Pokoknya kalau gak suka rendang kamu harus remidi pelajaran PPKN SD. Belum lulus uji kompetensi sebagai warga negara yang baik itu. Rendang itu makanan Indonesia kelas dunia loh. So what?

Makanya, tak perlu rese dengan daleman, eh, selera orang. Karena daleman itu yang bersentuhan langsung dengan onderdil kita, makanya harus benar-benar cocok, tidak bikin iritasi. Tak sekadar prestise atau hasil intimidasi. Jadi, kalau ada yang masih ribut dengan daleman orang, sepertinya dia perlu ditanya, Anda sehat?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *